Oleh-oleh van Malang

Beberapa tempat makan favorit saya di Malang nih...

Nasi Madura Buk Matirah.
Ini saya udah makan disini selama 12 tahun sejak taun 1998. Sederhana saja: nasi putih, ditambah lodeh tewel (orang jogja bilangnya gudeg) dan lauknya macam2 bagian tubuh sapi dan ayam kampung: empal, lidah, paru, usus, dendeng manis, dendeng kelapa... favorite saya adalah dada ayam, empal, dan dendeng manis. Enak, empuk, segar dan selalu baru tiap pagi. Kalo mau dendeng manis harus datang sebelum jam 10 pagi, karena lewat tu biasana udah habis. Jam 1 siang, semua lauk udah abis dan warung tutup. Lokasi di samping stasiun kota baru Malang.
Ini sarapan saya. Nasi lodeh tewel dan empal dan dada ayam: Rp. 12K.

Toko Oen
Selamat datang di Malang. Toko Oen, yang telah memberi kenikmatan pada para tamu sejak tahun 1930.

Kaya rumah bordil aja ya spandoeknya. Tapi ini toko tempat makan ijs creme paling enak di Malang. Setelah kepedesan makan nasi madura, mampir kesini untuk secawan Pralinen.

Peternakan Tawon Rimba Raya
Kalo mau makan segala macam yang berhubungan dengan tawon: botok tawon, orek tawon, es madu, mau beli madu, royal jelly, propolis... Seporsi botok tawon dan nasi: Rp.5K. Best value for money! Nyam nyam...

Nih makan siang saya, semangkok botok tawon dan sepiring nasi, costing only IDR5K. Btw, yang dibotok itu belatung tawon, bukan tawon yang sudah dewasa. Belatung tawon persis seperti belatung lalat yang putih dan biasanya memangsa bangkai yang membusuk. Teksturnya lembut dan sangat berlemak, menempel di gigi dan lidah seperti memakan lem.
Cobra Agung
Nah ini yang seruuu.... ni warung spesialis masakan uler cobra. Tempat makan malam yang hot, literally and figuratively :)
Papan nama tertutup dedaunan pohon sengon. Di depannya ada patung pahlawan memegang ular cobra.
Saat kita masuk, kita bisa memilih mau memangsa ular cobra yang mana. Ular  yang kita pilih akan disembelih di depan kita, empedu dan darahnya kita minum mentah, sementara dagingnya kita boleh pilih hendak dimasak apa.
Binatang melata ini sedang sial. Malam ini dia harus masuk ke perut saya.
Makan malamku berusaha kabur... but oit, saya berada di puncak rantai makanan, kamu ada di bawahku. Sekarang lehermu ada diantara pisau dan landasan.
Tapi ular cobra ini sungguh makluk yang gigih. Bahkan setelah kepala lepas dari badan, dia masi kojel-kojel dan berusaha menggigit.

Ular dikuliti, empedunya ini dia. Empedu ini baik untuk KEJANTANAN.












Empedunya dicampur madu dan ramuan ginseng, siap saya minum. Saya tidak meminum darahnya karena amisnya keterlaluan *kapok*. Tapi empedunya boleh la.
 















Sekarang kita memilih daging ular tadi mau dimasak apa. Bisa di tim, disate, saus Inggeris, saus Sze Zhuan, Cah Kangkung, Cah Cay Sim, lan sapanunggalane.
















Saya mau ular saya disaus Sze Zhuan. Ini dia, siap disantap. Lekker hoor!












Seekor ular kecil yaitu empedu ular + seporsi ular segar saos Sze Zhuan + sepiring nasi putih + segelas teh hangat: IDR80K.

10 komentar:

Tante Gadis mengatakan...

huaaaaa... menu yang pertama dan kedua bikin laper, yang selanjutnya bikin mules, apalagi setelah kulihat ularmu dikebiri eh dikuliti... hihihi ;))
eh eh kang itu makanin belatung tawon ben opo thooo???

Okit Jr mengatakan...

Gile ye..
menu terakhirnya sadis...
--untung untung aja keluarga kami haram makan..
gila aja.. kalo nyokap gw tiba tiba bereksperimen ama makhluk begituan..
--gak kebayang.. (_ _!)

oiye..
mumpung di malang, Eng..
coba nasi mawut belakang ramayana..
porsinya lumayan banyak..
biasa untuk tiga orang..
kalo gw si...
heheheh... biasanya sendiri juga abis.. --blushing-

selain itu..
apa ya..
kayaknya banyak yang enak disana.. --jiyaaa.a...
sepanjang jalan soekarno hatta itu juga bejibun..

--asyeem..
jadi pengen balik.. siyaul kau, Eng...

The Happiness Faktory™ mengatakan...

wisata kuliner yg radikal. hahahaha.

Arema mengatakan...

TanteGadis, iku enak iku nduk eh le... mak nyus waktu belatungnya digigit langsung cairannya crot muncrat ke dalam mulut gurih banget

Okitya, ohhhh tipe tipe warung harga mahasiswa porsi kuli ya? hehe

THF, enak! Mau?

ajie mengatakan...

yaoli....... menu makannya horor bnr ya????gkda menu makanan lain ap??yg lebih beradab??hahaah but bgs lah jd dah tau gmn rasanya kan? heheheheeheh
gmn rasnaya tuh????

M. mengatakan...

ya ampun itu parunya sih menggoda tapi ularnya bikin turn off

ronaldsilitonga mengatakan...

Ngeri Nornor!!

mutia mengatakan...

coba makan ularnya sambil nari ular... pasti lebih hot...
(haduuuh apa sih gw hehehe)
sungguh ekstrim kau bung arema!
tapi gw penasaran sama toko oen itu. sepertinya terkenal sekali sampai jakarta...

Arema mengatakan...

MutMut, boleh gw nari ular asal kau yg niup sulingnya :p

ridu mengatakan...

gak mau liat hiii seremmmmmmmm

Poskan Komentar